DAMPAK PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ICT

DAMPAK PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ICT

Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Kata media itu sendiri berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “ medium “ yang berarti “ pengantar atau perantara “, dengna demikian dapat diartikan bahwa media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Sehingga media pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu perantara atau pengantar yang memudahkan pengajar untuk menyampaikan suatu materi kepada siswa.

Kit Lay Bourne  menyatakan bahwa “ penggunaan media tidak harus membawa bungkusan berita-berita semua, siswa cukup dapat mengawasi suatu berita.” Dari pendapat tersebut dapat dihubungkan bahwa penyampaian materi pelajaran dengan cara komunikasi masih dirasakan adanya penyimpangan pemahaman oleh siswa. Masalahnya adalah  bahwa siswa terlalu banyak menerima sesuatu ilmu dengan verbalisme. Apalagi dalam proses belajar mengajar yang tidak menggunakan media dimana kondisi siswa tidak siap, akan memperbesar peluang terjadinya verbalisme.

Media yang difungsikan sebagai sumber belajar bila dilihat dari pengertian harfiahnya juga terdapat manusia didalamnya, benda, ataupun segala sesuatu yang memungkinkan untuk anak didik memperoleh informasi dan pengetahuan yang berguna bagi anak didik dalam pembelajaran. Sasaran penggunaan media adalah agar anak didik mampu mencipatakan sesuatu yang baru dan mampu memanfaatkan sesuatu yang telah ada untuk dipergunakan dengan bentuk dan variasi lain yang berguna  dalam kehidupannya,. Dengan demikian mereka dengan mudah mengerti dan mamahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru kepada mereka. (http://ictcommunity.multiply.com/journal/item/17/ PEMANFAATAN_MEDIA_BERBASIS_ICT_TERHADAP_PEMBELAJARAN_DI_SEKOLAH)

Dari berbagai macam media yang ada, salah satu yang cukup popular kini adalah media ICT. Apalagi pembangunan suatu bangsa memerlukan sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi arus globalisasi. Dampak globalisasi mengakibatkan terjadinya persaingan secara bebas dalam dunia pendidikan dan tenaga kerja sebagai akibat mekanisme pasar. Lembaga pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan permintaan pasar tenaga kerja yang cenderung berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Kenyataan menunjukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus dipenuhi berbagai persyaratan salah satunya adalah memiliki sarana prasa prasarana yang memenuhi standar seperti pemanfaatan ICT dalam pendidikan. Dengan hadirnya ICT dunia pendidikan bisa membawa dampak positif apabila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi bisa menjadi masalah baru apabila sekolah tidak siap. Untuk itu, perlu dilakukan suatu kajian tentang dampak pembelajaran dengan media ICT.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ke sejumlah pihak, baik guru maupun siswa, media ICT tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif. Hanya saja tinggal bagaimana cara agar dampak positif tersebut dapat ditingkatkan serta dampak negatif dapat diminimalisir.

Dampak positif pembelajaran dengan media ICT adalah :

  1. Lebih efektif

Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Selain itu, biasanya dengan media ICT ini materi yang begitu padat dapat lebih dioptimalkan penyampaiannya. Cara pengoptimalan penyampaian ini biasanya dengan metode berkelompok, sehingga aktivitas belajar siswa akan meningkat.

  1. Siswa terlihat lebih bersemangat

Dengan banyaknya aplikasi pada media ICT membuat semangat siswa meningkat. Pengajar dapat bebas membuat aplikasi menarik yang tentunya merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut.

  1. Meningkatkan pengetahuan tentang teknologi

Di era globalisasi saat ini media ICT berkembang pesat. Adanya pembelajaran dengan media ICT ini membantu siswa meningkatkan pengetahuan mereka tentang teknologi selain dari mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Itu dikarenakan keingintahuan siswa yang besar sehingga mereka tertarik mempelajarinya.

  1. Mudah dalam mencari informasi

Dengan media ICT akan mempermudah dalam mencari informasi, termasuk mengenai materi-materi pembelajaran, terutama dengan media internet.

Dampak negative dari pembelajaran dengan media ICT adalah ;

  1. Siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran

Media ICT mempunyai banyak aplikasi yang memudahkan pemakainya. Namun, terkadang karena terlalu berlebihan siswa malah memperhatikan penggunaan aplikasi tersebut bukan materinya.

  1. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan

Untuk beberapa mata pelajaran siswa mungkin dapat memahami dengn mudah materi yang disampaikan. Namun untuk beberapa siswa kurang memahami materi di beberapa materi tersebut. Ini dikarenakan penggunaan media kurang sesuai dengan harapannya meningkatkan kreatifitas siswa. Yang terjadi adalah komunikasi searah yang kemudian pembelajaran tersebut menjadi kurang diminati siswa.

  1. Memberikan masalah baru kepada sekolah

Dampak positif teknologi terhadap dunia pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai pendapat pakar dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa kehadiran teknologi baru seperti internet dan lain-lain akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Namun perlu disadari bahwa kehadiran teknologi tersebut di sekolah juga menimbulkan masalah baru apabila sekolah tidak siap antara lain :

  1. Sarana disekolah belum memadai
  2. Keterbatasan biaya dan tenaga operasional
  3. Kepala sekolah dan guru kurang sadar akan pentingnya media pendidikan
  4. Beban orang tua siswa lebih berat
  5. Kondisi keamanan sekolah kurang memadai
  6. Persepsi yang salah terhadap media pembelajaran
  7. Guru merasa terbebani

Melihat banyaknya dampak negatif media ICT terutama menimbulkan masalah baru bagi sekolah, maka diperlukan solusi agar pembelajaran dengan media ICT dapat berjalan lancer. Solusi tersebut adalah :

  1. Guru mengulas ulang materi yang disampaikan
  2. Siswa seharusnya memiliki bekal terlebih dahulu
  3. Penggunaan aplikasinya jangan terlalu berlebihan
  4. Lebih ditingkatkan penialaian individual
  5. Pembelajaran dibuat lebih menyenangkan

Dampak serta masalah yang timbul dari pembelajaran dengan media ICT bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah maupun siswa saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak baik orangtua/wali murid, masyarakat dan pemerintah.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s