GURU BERPRESTASI

GURU BERPRESTASI

Hmmm…. Beliau adalah salah satu guru kita di SMA N 1 Slawi ini lho…. Tau gak? Cirinya, orangnya baik, tinggi, kecil (he, maaf ya bu….), berjilbab, dan…….. guru berprestasi tingkat propinsi!!!! Hayo, ada yang tahu gak nih??? Apa jawabanmu? Kalau dah dapet jawabannya, ketik REG (spasi) NAMA kirim ke no 00000… JK ya. Just Kidding.

Ok.. Ok… Beliau adalah guru Fisika kita. Satu-satunya wanita yang mengajar Fisika di SMA kita!! Keren gak tuh… Setyaningsih, S.Pd. Ya, itu nama yang udah di kasih kedua orang tuanya empat puluh empat tahun yang lalu di Sleman. Tepatnya tanggal 16 Juli 1966 bu Ningsih (sapaan akrabnya).

Ibu Ningsih  ini mulai mengajar di SMA N 1 Slawi pada tanggal 31 Desember 1988. Selain ngajar di SMA kita ini, bu guru pernah juga ngajar di SMA N 3 Slawi. Soalnya, disana masih belum ada guru fisika.

Sewaktu kecil, bu Ningsih pernah punya cita-cita jadi seorang dokter. But, karena dari kecil udah biasa bantu orang-orang di lingkungannya biar jadi lebih baik dalam masalah taraf hidup, bu Ningsih ngajarin nyulam, terus dijual deh. Hasil jualannya itu dikasihin lagi ke orang yang buat, biar bisa hidup lebih mapan. (So sweet banget ya… Udah gitu udah mikirin nasib orang-orang sekitarnya.)

Bu Ningsih ikut lomba guru berprestasi, karena dapet dorongan dari Bu Sunarni (guru Bahasa Indonesia) n’ Bu Sri Rejekiningsih (kepala sekolah). Karena dorongan dari merekalah yang buat Bu Ningsih  jadi ikut lomba ini… and she is the winner!

Selama jadi guru fisika, bu ningsih  ada rasa sedih n senangnya. Sedih kalau lihat anak-anak didiknya nggak paham sama apa yang udah dijelasin. Tapi, Bu Ningsih  menganggap semua siswa-siswinya sama aja. Karena pasti setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Psst… Ada yang hampir kelupaan!! Ada pesan dari Bu Ningsih . Mau tahu? Simak o…

” Bejuanglah untuk memperoleh prestasi dengan seluruh jiwa raga. Jangan dengan cara yang tidak sportif untuk memperoleh kemenangan itu. Kemenangan tanpa kejujuran dan perjuangan adalah sia-sia belaka. Dan mensyukuri hasil tersebut baik menang maupun kalah. Dan janganlah pernah berfikir, bahwa segala kekurangan kita adalah suatu kerugian. Tapi buktikanlah bahwa suatu kekurangan adalah kelebihan kita untuk mendukung keberhasilan yang jauh tinggi.”Mimpinya sungguh doa untuk kita smua anak didiknya merinding yaitu SISWAKU  BISA MELEBIHI  DIRIKU  ITU BARU NAMANYA  AKU  GURU DAN PENDIDIK  YANG BERHASIL

ANNISA HA

3 Comments

  1. Nama :m.rekza.mufti
    Kelas:x.6
    No.a :15
    1. Energi yang Menyebabkan Gunung meletus
    jawab:
    Energi yang berasal dari dalam bumi atau yang biasa disebut energi Endogen,kalau dilihat dari letusnya gunung energi endogennya yaitu energi vulkanik(energi yang disebabkan karena adanya dorongan magma dari dalam bimi).
    2. Material Gunung Meletus
    jawab:
    Gas vulkanik,Lava dan aliran pasir serta batu panas,Lahar,Abu letusan,dan Awan panas
    3. energi apa setelah terjadi letusan?
    jawab:
    Energi panas,getaran,gelombang,bunyi,eksogen,dll.
    4. wedus gembel/ awan panas disebabkan oleh apa? apa kandungan dan energi yang terkandung di dalamnya?
    Jawab :
    Menurut saya awan panas disebabkan karena adanya magma yang naik dan menyebabkan endapan air disekitar daerah gunung menguap dan karena magma tersebut panas sekali akhirnya terbentuklah awan yang panas sekali.(terjadi penguapan).
    5. apa mitos-mitos rakyat setempat dapat anda gabungkan dengan keadaan alamiah yang ada? jelaskan!
    Jawab :
    Menurut saya tidak bisa digabungkan dengan meletusnya gunung berapi karena mitos adlh sesuatu legenda/cerita rakyat dan belum tentu benar tapi kalau ada makhluk halus yang menunggu gung tersebut saya percaya tapi makhluk tersebut tidak bisa mencegah terjadinya gunung meletus tapi hanya bisa memperingatkan dan memberi tahu bahwa gunung tersebut akan meletus kepada orang(juru kunci) gunung tersebut.
    6. Upaya Agar Merapi Tidak Meletus Eksplosif
    Jawab :
    Dengan teknologi maupun kemampuan manusia sekarang ini mungkin belum bisa karena dorongan magma sangat kuat dan tidak bisa di cegah,yang bisa dilakukan hanya menyelamatkan atau menyevakuasi orang-orang yang ada di sekitar gunung agar tidak banyak korban.
    7.Dapatkah Energi Merapi Dimanfaatkan ? Bagaimana Caranya ?
    Jawab :
    Untuk sekarang ini belum bisa karena energi yang ditimbulkan sangat kuat,Tapi yang bisa dimanfaatkan dari letusnya gunung adalah material yang dikeluarkan seperti
    #abu vulkanik yang bisa membuat subur tanah.
    #material berupa pasir, silika, lava, kristal bisa digunakan sebagai penunjang ekonomi.
    8.Anda Terinspirasi Dari Meletusnya Gunung Merapi ?
    Jawab :
    Ya saya terinspirasi pada letusnya Gunung Merapi.
    karena dengan adanya peristiwa tersebut berarti Bumi kita masih hidup dan apabila tidak adalagi hal tersebut berarti bumi kita sudah MATI karena sudah tidak adalagi proses atau kegiatan yang terjadi di dalam bumi kita.

  2. Selamat buat bu Ningsih, sebagai Guru Berprestasi. Saya sebagai alumni, yang pernah di ajar Fisika oleh bu Ningsih tentu Bangga. Saya kangen dengan suasana sekolah SMA saya dulu…ingin rasanya berkunjung, duduk-duduk menikmati suasana SMA, sambil melihat adik-adik SMA yang sedang ada kegiatan sekolah.

    Salam dan sukses.
    abdul SYAKUR (Lulus 92)

    • terima kasih atas komentarnya. datang saja ke sekolah supaya dapat memotivasi adik-adikmu. karena kamu mempunyai potensi luar biasa sejak di SMA. apalagi sekarang kamu sudah sukses. tentu akan berdampak positif bagi adik-adik dan ibu pun kangen dengan senyum dan kelakar kamu. sungguh suatu kehormatan bagi ibu pernah mengajar kamu, sampai sekarang pun kamu masih menghormati seorang guru yang tidak punya arti apa-apa dibandingkan dengan keberhasilan kamu. tanpa ibu sadari engkau adalah murid yang telah membuktikan mimpi ibu. siswa lebih baik dari gurunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s